Islam di Gwangju Korea Selatan

Nah, udah lama banget tidak nulis, kalau dulu sering nulis di blog tap sekarang karena dipaksa Prof buat nulis report sama papers jadinya jarang nulis blog lagi, 🙂 blog GakJelas tp inshaAllah manfaat soalnya sampai sekarang masih banyak viewersnya, paling banyak ya post tentang Kuliah di Korea ini yg berisi tentang macam macam beasiswa di Korea dan cara mendapatkannya :D.

Nah pada kesempatan ini saya mau nulis mengenai islam di Korea, soalnya sering yang tanya gimana sih islam disini? Nah islam di sini ya alhamdulillah sedang proses berkembang, mualaf sudah mulai banyak, bahkan imam-imam masjid yang asli orang korea juga banyak yang alumni kampus di saudi arabia.

Nah, memang untuk islam disini didominasi oleh imigrant alias temen temen pekerja dan pelajar dari luar korea, tau sendiri lah negara mana paling banyak supplay pekerja di Korea, yup bener Indonesia. Nah indonesia kan mayoritas muslim jadi banyak deh muslim disini. Ndak cuma Indonesia kok, pakistan, mesir, dsb, tak cuma pekerja tapi juga pelajar :).

Nah kemaren saya sebelum ramadhan di wawancarai orang dari GIC (Gwangju International Center) mengenai islam di Gwangju sini, nah postnya disini nih, mari kalau mau dibaca, dlm bahasa Inggris yah :D, oya saya kasih link juga dari chonnam tribune, soalnya sy juga sempat diwawancara oleh salah satu reporter (mahasiswa) Chonnam mengenai mulim Chonnam juga.

Mari disimak disini…

islam_in_gwangju_1

islam_in_gwangju_2

Islam Grows Within Gwangju, 

ada 2 link, silahkan bisa diakses di http://www.gwangjunewsgic.com/online/islam-grows-within-gwangju/ atau disini http://issuu.com/gwangju_news/docs/gn_may_2015_re halaman 28.

Muslim Students Studying at CNU

linknya bisa diakses disini http://tribune.cnumedia.com/news/articleView.html?idxno=12063

muslimcommunity

OKe, semoga bisa menambah informasi yah 😀

Sampai ketemu di tulisan berikutnya.

Cewek Korea Berjilbab | Cantikkk Lhoo :)

Alhamdulillah temen-temen semua Akhirnya kesampaian juga AlKwangju TV untuk ngeliput Tutorial Hijab Korean Version, Keinginan Ini sudah lama muncul sejak saya disini dengan kondisi cewek korea yang klo berpakaian ya tau sendiri lah, sering saya membayangkan andaikan mereka pada pakai jilbab mesti mata ini akan sejuk ketika memandangnya tidak seperti sekarang, klo temenku bilang sih enak dipandang tapi merusak mata hehe..

okkee daripada ngomong mulu mending langsung aj yuuk simak videonya 🙂

 

Jadi gimana nie? temen-temen muslimah indonesia yang masih belum pakai Jilbab, masak kalah sama cewek korea, ayoooo, “Kalau orang korea aja mau berjilbab, terus kamu? ”

Hukum Menutup Aurat adalah Wajib seperti yang Allah Firmankan dalah Surah Al Ahzab: 59

Hai Nabi Katakanlah Kepada Istri-Istrimu,Anak-Anak Perempuanmu Dan Istri-Istri Orang Mukmin: “Hendaklah Mereka Mengulurkan Jilbabnya Ke Seluruh Tubuh Mereka”, Yang Demikian Itu Supaya Mereka Lebih Mudah Untuk Dikenal, Karena Itu Mereka Tidak Diganggu, Dan Alloh Adalah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang. (QS.Al-Ahzaab:59)

Jadi ayooo… yang belum bisa nutup aurat, segera yuukkkk… yang masih (*membungkus aurat) segera di tutup yukk,,,

Great Thanks to “Tika & Nia” (Exchange Student from UNTIRTA)

yang telah membantu banyak dalam peliputan video ini. Semoga Video Ini menjadi Amal bagi temen2 semua yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan video ini by (Al Kwangju TV Crew)

Bagi Gwangjuerss yang ingin tau update kami, Tentang Kondisi temen-temen Indonesia yang ada di Korea khususnya Gwangju, kondisi saudara-saudara muslim disini, dsb, jangan lupa untuk subscribe channel ini ya 🙂

http://youtube.com/alkwangju

Oyah AlKwangju juga sudah ada websitenya, twitter dan facebooknya jangan lupa di follow dan like yah :

tw : http://twitter.com/alkwangju

fb : http://facebook.com/alkwangju

web : http://tv.ourmasjid.me

Terimakasih Semoga Bermanfaat

Nantikan video-video Selanjutnya

Bagi temen-temen yang pakai android bisa download Applikasi Al Kwangju TV di sini

Menjaga Kesucian Cinta, Spesial Valentine

Wah kayaknya asik yah klo sudah bahas masalah cinta hehe, saya cuman berpikir aj apa besok ketika pulang ke Indonesia, di indonesia sudah sperti di korea ini tidak ya? pemuda pemudi pada gak malu ciuman di taman, yah namanya aja negara bebas ya maklum aja. Kenalan ngerasa cocok, ngedate yah.. terserah mau nglakuin apa aja hehe, asal suka sama suka katanya hehe 😀

Yah moga aja indonesia tidak seperti ini, katanya sih indonesia punya banyak budaya, nilai-nilai luhur, budi pekerti, sangat menghormati kesucian dan kehormatan wanita, ehhh apalagi mayoritas penduduknya kan juga muslim, dalam islam sendiri islam sangat menghargai wanita, menjaga wanita, dan selalu menjaga kesucian dan kehormatan wanita, tapi ya gak tau orang islamnya gimana hehe 🙂

Yang jelas klo aku baca dari survey terlepas dari benar ato tidaknya emang di Indonesia kayaknya udah banyak yang niru budaya sini “BEBAS” sering denger juga di berita, anak SMP, SMA pada upload video gak jelas, masak masih SMP aj udah kek gitu gimana gedenya? Astagfirullah, inilah fitnah dunia, tapi aku yakin masih banyak masyarakat indonesia yang sadar akan hal itu.

Oleh karena itu saya pernah menulis mengenai KADO TERINDAH VALENTINE silahkan baca bagus koq, kemudian Al Kwangju TV juga sudah merilis kajian mengenai valentine dengan judul “Manjaga Kesucian Cinta”
silahkan bisa di saksikan hehe 😀 semoga bermanfaat 🙂 .

Al Kwangju TV

Download Aplikasi Al Kwangju TV di play store :

Download Aplikasi Al Kwangju TV
Download Aplikasi Al Kwangju TV

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya bisa kembali nulis hehe, sebenernya klo di bilang sibuk sih nggak sibuk hehe wong kerjaanya cuman tidur di dorm hehe :).

Oke pada kesempatan kali ini saya ingin menulis mengenai Al Kwangju TV, klo masih bingung apa itu Al Kwangju TV bisa di akses disini htttp://youtube.com/alkwangju dengan page facebook di http://facebook.com/alkwangju .

Nah apa itu alkwangju TV dan asline op ta? Sejarah terbentuknya Al kwangju TV sebagai berikut, weleh.. hehe..

Jadi intinya Al Kwangju TV itu inisiatif dari 3 manusia yaitu @ismailsunni @nugraha8989 dan saya sendiri @rischanmafrur  dan didukung penuh oleh sponsor utama Bos Wasis. Jadi yang jelas masyarakat indonesia yang ada di korea itu banyak baik dari golongan pekerja maupun dari pelajar, kemdian untuk temen-temen pekerja dan mahasiswa biasanya ngadain ketemu bareng (bisanya yasinan) setiap bulan sekali di awal bulan, dan biasanya saya diminta membawakan sedikit materi, sebenarnya gak mau sih, cuman krn memang terbatasnya SDM, dan temen2 lab pasti bilang yang Alumni UIN, ya sudah lah.. untuk lebih lengkap bisa di lihat disini.

Nah dari alasan tersebut, didukung dengan kemudahan akses koneksi yang melimpah di Negeri Gingseng ini maka atas inisiatif manusia manusia diatas kami melakukan rekaman yang semula adalah iseng, rekaman pertama testing/hanya testing yaitu ceramah singkat dengan judul “Surga bukan untuk para pendengki”
ini bener-bener iseng, kemudian di susul dengan ceramah kedua yang sebenernya itu juga tak ada kesiapan apapun, krn pada saat itu kita habis datang dari acara unesco di downtown kemudian pas pulang lewat tempat belanja, eh malah nyoba rekaman jadilah ceramah ke dua yaitu “Boros adalah tanda cinta dunia”

kemudian disusul dengan ceramah dengan Judul “Sampaikanlah walaupun hanya satu ayat”

dan akhirnya kami memutuskan untuk menjadikan Al Kwangju TV ini tidak hanya berisi pengajian-pengajian saja tapi juga semua aktivitas orng-orang indonesia di Gwangju Korea Selatan :D. Untuk video lain kami membuat video kocak “Tutorial memakai sarung” .

Karena respon dari temen-temen disinipun bagus, untuk kedepan kami juga berencana untuk membuat film pendek, dari bareng temen-temen pelajar lainya dan juga pekerja, insyaAllah semoga kedepannya bisa semakin bagus :D.

Untuk video kajian untuk saat ini memang hanya satu yang mengisi yaitu saya sendiri yang oleh mas @nugraha8989 di tulis di video sebagai Ust. Mafrur Ibnu Sobar . Nama ini sebenernya jelas ada dasarnya karena nama belakang saya Mafrur, dan Sobar adalah nama dari ayah saya. Sebenernya maunya saya pake nama biasa saja dan gak pake Ustad, tapi di tulis seperti itu ya tidak apalah 😀 semoga paling tidak bisa membahagiakan Bapak saya juga yaitu dengan menggandeng nama bapak di belakang 🙂

Okehh.. sepertinya sampai disini dulu saja, pada kesempatan kali ini, nantikan video-video berikutnya, silahkan subscribe yah, dan jangan lupa like fans page nya, Oyah yang jelas insyaAllah bentar lagi rilis video spesial valentine, semoga bisa bermanfaat, amien 😀

Salam

Rischan Mafrur

Kajian yg sempat di Rekam (Ketika dulu di Jogja), semoga bisa bermanfaat 🙂


twitter : @UstadzMafrur 

Idul Adha di negeri seberang

qurban

Ada yang berbeda dengan idul adha kali ini, sebenarnya sama saja sih dulu waktu saya masih di jogja juga tidak pulang pas idul adha karena harus stay di masjid Prayan Raya, malem takbir harus menemani adik2 lomba takbiran, dan siangnya kan sembelihan qurban, yang berbeda disini adalah tak ada gema takbir berkumandang :-(.

Apalagi gema takbir yah? wong adzan aj gak pernah denger, paling ya suara alarm ato aplikasi adzan hehe :-D. memang ada yang berbeda ketika dulu di masjid satu malem suntuk telinga tak pernah lepas dari suara takbir ketika hari raya, sekarang disini sepi :-(. hehe, tapi tak apalah semuanya juga akhirnya tertebus ketika sholat ied :-D.

yang berbeda lagi adalah ketika dulu di Jogja, saya urus keperluan untuk kelancaran sholat ied, sebelumnya juga mencari khotib dan iman dsb, klo disini hanya diem dan bertakbir dalam hati :-(.
yang menjadi perbedaan lagi adalah entah ini harus di syukuri ato diwaspadai, pedahal saya di negeri sebrang ini baru datang tanggal 1 september, baru 1 bulan lebih lah, tapi tiba2 diberi amanah untuk jadi imam dan khotib iedul Adha 1434 H untuk sholat Ied kloter pertama jam 07.30 – 08.30 di masjid Umar Bin Khatab Gwangju South Korea.
Serasa Aneh saja, yah kwajiban dakwah adalah kwajiban bagi siapa saja seluruh umat islam, sekecil apapun bila ia tau ada suatu kebaikan maka iapun mempunyai kwajiban untuk berdakwah.
5 Hari sebelum idul adha saya di kontak sama Ust. Hilmy untuk jadi imam dan khotib idul adha, lha saya ya cuma tanya aj, pakai bahasa indonesia atau bhs inggris? Soalnya jujur aj sih, bahasa inggrisku masih belepotan banged, presentasi aj kadang ngaco, tapi masih mending klo presentasi kan ada hubungannya dengan teknik informatika ya istilah2 nya tidak terlalu susah lah, krn sudah sering dengar, tapi klo khutbah pake bahasa inggris sih jarang banged, belum pernah malahan hehe, baru di negeri ini saya mendengarkan khutbah pake bahasa inggris yaitu ketika khutbah jumat.
Nah Ust. Hilmy bilang kalo kloter pertama untuk indonesia koq, jadi pake bhs indonesia aj gpp, asal nanti pas mau sholat dikasih tatacara sholat pake bhs inggris soalnya biasanya ada jamaah dari negeri lain yang ikut sholat.

Ya udah oke lah, 😀

di Hari H pas saya datang ke masjid umar bin khattab ya kaget aj ternyata separo jamaah masjid adalah bukan orang indonesia, wuih gila nie.. , tapi saya nanya gimana ? tetep pake bhs indonesia, ok gpp.. ya udah majulah :-D.

Sholat pun di dirikan dengan tambahan 7 takbir di rakaat pertama dan tambahan 5 takbir di rakaat kedua, kemudian habis itu saya sampaikan khutbah, sebenernya sih masih banyak yang belum saya sampaikan, tapi karena terbatas waktu jadi saya potong, kira2 seperempatnya dari semua yang seharusnya akan saya sampaikan, gpp lah :-D,

oiya khutbah ied itu sebenernya cenderung lebih bebas, ada banyak perbedaan sih, tapi saya ambil amannya saja lah, klo biasanya di dessaya yang mayoritas penduduknya nahdiyin ya mirip seperti khutbah jumat lah, di khutbah pertama dan kedua ada wasiyat taqwa dan shalawat, kemudian baca quran juga, pakai 9 x takbir di khutbah pertama, dan 7x takbir di khutbah ke2. Jadi saya ambil cara ini saja :-D.

Isinya sebenarnya yang mau saya sampaikan adalah mengenai hikmah2 dari kisah Nabi Ibrahim as dari lahir sampai perintah Allah untuk menyembelih nabi ismail.

1. Dakwah Nabi ibrahim pada orang tuanya, dakwah tauhid nabi ibrahim

2. Kisah Hajar, wujud dari istri yang taat pada suami, tak pernah putus Asa, dan wujud dari Ibu yang berqurban untuk buah hatinya.

3. Kisah Ismail, wujud dari anak yang taat pada orang tua, dan sangat taat pada Allah

4. Ibrahim, Hajar, Sarah, Ismail adalah keluarga teladan

5. Berquran : mencintai Allah melibihi segalanya, sikap tawakal nabi ibrahim, hajar, dan sarah yang patut dicontoh.

mungkin klo semuanya saya sampaikan bisa sampai 1 jam lebih hehe.

tadi pas khutbah ada peringatan 5 menit lagi, padahal baru sampai point 1, akhirnya saya close aj kemudian duduk, dan lanjut ke khutbah kedua.

khutbah kedua saya isi dengan doa seperti halnya doa ketika khutbah kedua jumat di tambah doa untuk saudara2 kita yang sedang berhajji dan sedang berqurban saat ini.

Teruntuk saudara kami yang saat ini sedang mendapatkan panggilan untuk bertamu di rumahNya, kami mohon ya Rabb, terimalah Haji mereka, jadikanlah haji mereka haji yang mabrur.

Teruntuk kami yang masih ada disini, yang belum engkau panggil untuk berkunjung ke rumahMu ya Allah kami mohon ya Rabb berikanlah panggilanMu kepada kami sehingga kami bisa berkunjung ke rumah suciMu.

Teruntuk saudara kami yang setelah sholat ini akan menunaikan ibada qurban terimalah qurban mereka ya Rabb, ridhailah mereka ya Rabb.

dan Terutuk kami yang tahun ini belum bisa menunaikan ibadah qurban, semoga Engkau ya Allah memberikan kelapangan hati dan rizki pada kami di tahun depan sehingga kami bisa berqurban.

Amien 😀

Edisi Idul Adha 1434 di negeri Seberang 😀

*gambar diambil dari sini

Engkau terlihat lebih Cantik dengan Jilbabmu

Jeruk
Jeruk

Entah kenapa malam ini saya teringat dengan dialog yang saya lakukan berapa bulan yang lalu, kadang memang menjadi hal yang tidak enak ketika mengajar ngaji remaja putri yang sudah gedhe (SMP/SMA) harusnya sih akhwat yang ngajar, tapi entah kenapa mereka lebih akrab dan sering tanya ke ane 😀 #idontknow.

Ada dua anak remaja putri yang satu tidak berjilbab yang satunya berjilbab tapi ya gitu lah, dengan nada yang khas biasanya nyapa “Hallo Ustadz Rischan..”, yah maklumi aj namanya juga masih remaja, sayapun nyapanya gini hay, dimana jilbabnya? ndak ilang kan jilbabe? :-), dan akhirnya kamipun berdialog. Abg A (Mawar) : Tidak pake jilbab, Abg B (melati) : Pake Jilbab tapi gitu lah

Ane      : Mbok ya klo udah gedhe itu pake jilbab, gak baik klo udah gedhe itu keluar gak pake jilbab.

Mawar  :  Ah males ah ust, klo ketemu ustad, yang di bahas itu aj (expresi jengkel),

Melati  :  Iya itu dengerin ustad, aku kan udah pake jilbab ya Ust?

Ane     :  Skrang sini duduk, kamu Melati, Kamu juga sudah pake Jilbab cuman belum bener juga Jilbabmu, gitu…

Mawar : 😛 weeekk.. ke arah Melati, itu dengerin jilbabmu juga belum bener..

Ane   : (Jujur aj memang bingung ngomong sama remaja itu)* diem

Mawar   : Lha ustad, Emang kenapa sih koq kita kudu pake jilbab? Pake jilbab itu panas ust,

Ane     :  Hey Mawar, bukanya malah kebalik, klo gak pake jilbab kan kena panas matahari, kulitnya nanti item lho kena panas, klo pake jilbab kan bisa terlindung dari matahari ta?

Mawar : tapi gerah ust, ustad sih gak pernah pake jilbab..

Ane : * pikir, soale ane juga belum pernah pake jilbab sih.. pikir yang laen 😦

Melati : ust, koq jilbabq belum bener itu gimana ust? emang kudu mesti gimana?

Ane  : Ok gini, semuanya .. sekarang dengerin baek2 yah ustad mau cerita…

Gini, Sekarang Ustad punya 2 Buah jeruk yang sama, terus yang satu ustad kelupas, kulitnya ustad buang, Nah sekarang kan ustad masih punya 2 jeruk, yang satu masih utuh, yang satu udah ustad kelupas.. skarang 2 jeruk ini ustad lempar ke tanah yah, skrang ustad mau tanya, mana jeruk yang kamu pilih? yang masih ada kulitnya ato yang udah gak ada kulitnya?

Mawar : emoh, dua duanya emoh, kan udah di buang ustad,

Melati  : klo aq sih yang masih ada kulitnya ustad ,

Ane : huffhh.. gini lhoo, jadi kalian itu ibarat jeruk tadi, klo kalian pake jilbab itu spt jeruk yang masih ada kulitnya, masih tertutup, nah klo kalian itu gak pake jilbab itu spt jeruk yang sudah terbuka, gak ada kulitnya, jadi klo di lempar ke tanah, jeruk yang gak ada kulitnya biasanya akan banyak lalat yang nempel disitu, jadi banyak mata2 yang gak jelas yang ngeliat aurat kalian gitu.. mudeng gak?

Melati : lha kan aq udah berjilbab ustad?

Ane   : nah kamu melati, jilbab yang bagus itu Menutup Aurat, dengerin ustad, menutup aurat, bukan membungkus aurat, tau arem2 kan? ato lemper? enak gak?

Melati, Mawar : iya enak ustad.

Ane : Maksudnya gini klo arem2 ato lemper itu kan dibungkus pake daun, nah di taruh piring baru di tutup pake kain biar gak di hinggapi lalat. Maksudnya Aurat itu di tutup, sekali lagi ditutup bukan di bungkus, klo di bungkus itu masih kelihatan bentuknya, sedangkan di tutup itu sudah gak keliatan?

Melati : ahhh gak mudeng aq ust?

Ane  : yah intinya pake rok, jangan pake celana mepet gitu, … terus jilbabnya yang nutup sampe sini (* sambil menunjuk dada)

Mawar & Melati : Oww.. kayak Mbak ****** itu ya ust? (menyebut seorang ustadzah yang mereka kenal)

Ane   : Yah bener banged.

Mawar  : Jelek ustad udah gak mode itu?

Melati   : iya ustad, lucu, kyak vampir..

Ane   : Hufht.. (*thinking), Pokoe gak mau tau besok klo ustad lihat kamu mawar gak pake jilbab ustad pura2 gak kenal kamu, kan kamu melati jilbabnya di bagusin yah, pake rok.

oiya, besok klo udah gedhe kalian akan tau, cewek itu lebih cantik klo pake jilbab lhoo..

Mawar, Melati : iyo po ustad?

Ane  : serius, tanya ke Bapake kalian, ato Melati kamu kan punya mas ta?, coba tanya ke dia, tanya aj suka cewe yang pake jilbab ato suka cewe yang gak berjilbab?

Mawar   : cowo itu suka cewe yang seksi ustad,…

Ane   : intinya gini, kalian pingin dicintai sama Allah tidak?

Mawar, Melati  : iya lah ust,

Ane  : Nah klo Allah sudah bilang, Allah itu suka sama hambaNya yang nutup aurat, sehingga Allah menyuruh kalian untuk nutup aurat pye?, intinya kan Allah gak suka orang yang gak nutup aurat. Jadi kalian pingin di cintai Allah ato tidak?

Mawar, Melati  : ustadz mesti langsung tekan kono.. (expresi jengkel).

Ane   : lha bener nggak?

Mawar   : iya ustad (sambil ndongkol)

Ane  : ya udah sana pulang, dipake jilbabnya dan kamu melati tutup auratnya bukan bungkus yah hheee.., ustad mw adzan dulu udah ashar..

………………………………………………………………………………..

Nah itulah dialog yang terjadi pada waktu itu, 😀 , memang susah sih menjelaskan pada adek2 remaja yang seusia SMP, SMA, temasuk adik kandung saya sendiri, susah banged biar bisa sadar untuk berjilbab.

Yang pasti ada point2 penting:

  1. Jujur aja, ini dari diri pribadi saya sih, wanita itu akan lebih anggun dan cantik jika memakai jilbab, gak tau sih klo yang laen, bisa comment 😀
  2. Banyak dari mereka beralasan belum siap, mau jilbabi ati dulu, emang ati bisa di jilbabin ta? haha, klo terus belum siap, tiba2 Allah manggil pye? makanya segerakan berjilbab, dan dengan berjilbab itu bisa mengontrol akhlaq koq, kan klo pake jilbab gak mungkin kan berjilbab baik/ nutup aurat koq pacaran di taman, ato di pinggir jalan, mungkin aj nding pacaran dengan suaminya heheh 😀
  3. Wanita berjilbab itu akan lebih terhormat, jujur aj tanya sana sama cowo, lebih segan mana ketika berhadapan dengan wanita yang biasa2 aj dengan wanita yang menutup auratnya dengan rapat dan senantiasa menajaga akhlaqnya..  😀

so berjilbablah

Dasar :

Al Ahzab : 59 Perintah Wajib Berjilbab untuk wanita

An Nur : 31 Perintah untuk menutup Aurat bagi wanita

Semoga tulisan yang gak jelas ini bisa bermanfaat..

jzkumullah khoiron.

Alhamdulillah dapat $1.500 USD dengan cuma-cuma

Sesuai yang sudah aku tulis di tulisan sebelumnya yaitu profil Ustadz Waris Fakhruddin, aku selalu ingat perkatan Beliau agar selalu ingat bahwa Allah tak akan menelantarkan hambaNya, Allah akan selalu memberikan jalan kepada hambaNya yang berusaha untuk berjalan di JalanNya yaitu menuntut Ilmu dan Berdakwah membumikan Islam dimana saja berada.

Perkataan beliau yang belum lama itu ternyata terbukti.  Beliau Ustadz waris selalu meyakinkanku bahwa Rizki itu yang punya Allah, kenapa kita harus bingung, klo Uang yang kita punya itu kita gunakan untuk kebaikan untuk di jalan Allah pasti Allah akan langsung menggantinya. Dan inipun terbukti setelah aku nyampe di negeri orang ini tepatnya tanggal 10 September 10 hari aku nyampe disini, tiba-tiba ada yang ngontak dengan bahasa inggris. dia bilang dia habis mengunjungi blogku yaitu http://pornblockapps.blogspot.com/ . Blog ini adalah Blog yang aku gunakan untuk memposting riset ku 2 tahun yang lalu. Jadi dulu 2 tahun yang lalu aku dapat beasiswa/ dana penelitian dari DIKTI di kampus untuk melakukan riset yang sudah aku ajukan. Aku mengajukan topik mengenai deteksi gambar porno di mobile platform menggunakan image processing dan artificial intelligence.

Singkat cerita dia yang mengontakku sedang ingin mengimplementasikan itu di perusahaanya, dan dia juga sedang melakukan riset mengenai itu. Dia tanya bolehkah jika Database hasil training itu dia beli?. Nah akhirnya aku pikir-pikir dulu dan monggo lah daripada tidak bermanfaat pula toh inipun juga db hasil training, klo aku mau buat lagi juga bisa, Jadi klo yang dah tau konsep AI mesti paham lah bagaimana cara mbuat db ini hehe (dulu klo nggak salah aku pake berapa ya? lupa aku, pokoe banyak lah gambar nude yang aku pake untuk training dan testing). Tapi yang pasti lumayan lah $1.500 USD lebih gedhe dari dana penelitian yang diberikan oleh dikti hehe. :-D, lumayan buat jajan, ato paling nggak ini bener-bener mengganti uang yang aku gunakan untuk berangkat ke negeri orang ini :-D. #subhanallah bener-bener langsung diganti oleh Allah uang yang aku pakai untuk mencoba menggali Ilmu Allah di negeri orang ini.

Seperti itulah, satu pelajaran yang bisa aku petik dari kisah ini, yaitu Jangan pernah meragukan janji Allah, yakinlah pada Allah, karena Allahlah yang mengusai segala sesuatu. Dan jika kita mempunyai sesuatu yang menarik, tulislah siapa tau ada orang yang membaca dan tertarik pada apa yang kita lakukan.

Dapat $1.500 USD
Dapat $1.500 USD