PCI NU Australia – NU Brisbane

Konfercab (Konferensi Cabang) PCI NU – Australia and New Zealand (ANZ).

Ini sebenarnya postingan telat banget, lha acara konfercabnya saja bulan Februari, eh ini baru sempat menulis bulan Juni hahaha. Tapi tak apalah buat kenang kenangan siapa tau bermanfaat.

Sejak mulai akhir tahun 2018 kami teman-teman NU Brisbane sudah bersiap siap untuk acara konfercab PCI NU ANZ yang direncanakan akan dilaksanakan di Brisbane di bulan Februari.

PCI NU cukup berbeda ya dengan Muhammadiyah, klo Muhammadiyah punya state branch klo NU tidak. Jadi di Queensland ini ada PRIM Queensland tapi tidak akan ada PCI NU Brisbane, karena di ADART NU, PCI NU cabang istimewanya adalah level negara bukan sampai state.

Di Brisbane teman-teman NU biasanya gabung juga dengan teman-teman Muhammadiyah sering mengadakan kajian bulanan yang disebut sebagai “Khataman”, tapi sepertinya kalau yg saya alami sih hanya nama saja khataman tp tidak pernah mengkhatamkan Quran haha. Kabarnya sih dulu memang sering dibagi gitu, misal siapa yang juz 1 – juz 29, kemudian pas acara bareng2nya tinggal mengkhatamkan juz 30nya. Tapi mungkin karena kondisinya yg mayoritas isinya student, mereka disini hanya temporary jadi cukup susah utk dikondisikan spt itu.

Balik lagi ke PCI NU ANZ 2019, ini langsung lihat posternya saja ya hahaha.

Btw yg ngedesign poster ini istri saya wkwkww

Habis lihat hasil design istriku, aku jadi tahu kalau dia memang sepertinya berbakat di perdesignan haha

Kalau ini yg ngedesign dari UQISA

Jadi bisa dilihat dari 3 poster diatas, di acara konfercab kita ada 3 acara utama:

High tea (ini cukup eksklusif) karena sasaran kami adalah tokoh2 penting di Queensland dan tokoh2 penting di komunitas Indonesia – hadir juga lho pak Heru Subolo – Konjen RI untuk Australia di acara ini (Speech nya oleh Dr Nora Amath)

PCI NU ANZ Conference 2019

Acara utama konfercab – ini acara internal NU ANZ – isinya ya pada akhirnya pemilihan rois PCI NU ANZ baik rois sururiyah maupun tanfidziah.

Konfercab PCI NU ANZ 2019 di Brisbane

Acara untuk umum khusus warga Indonesia (Mahasiswa/i/permanent residen/citizen australia) yg mengerti bahasa indonesia. Acara ini di UQ dan di isi oleh Gus Muwafiq (KH Ahmad Muwafiq).

Gus Muwafiq ceramah di The University of Queensland Brisbane

Alhamdulillah acaranya lancar guys, hasil konfercabnya ya pengurus baru PCI NU ANZ, bisa dilihat di website resminya begitu juga streaming kajian dari gus muwafiqnya atau acara lainnya.

Terus yang jadi pertanyaan sering ada yang tanya, Ris kamu itu NU bukan sih? Akupun kadang juga bingung jawabnya, lha soale gak punya kartaNu ahhaa, ya klo secara kultural ya bisa dibilang aku NU kultural, yg jelas NU banget yo keluarga saya, Ibu sy ketua muslimat NU di kampung, saudara saya juga jelas punya pesantren di kampung dan aktif di cabang.

Kalau saya sendiri ya mbuh hahaaa.. Dulu di Korea sering diminta ngisi pengajian yo pengajiannya kadang pake bhs jawa krn pesertanya kebanyakan TKI dari jawa dan tentu ya ngaji NU. Di Brisbane ini sepertinya kebetulan saja ya kyknya pas nyampe Brisbane terus ketemu sama temen NU dan pas ndilalah ada confercab NU, jadi ikut jadi panetia. Kalau secara amalan ya amalan saya NU tulen, tapi ya bisa menyesuaikanlah wkwkkww. Jangan salah dulu selama di SMA di Temanggung saya tinggal dan jadi marbot di Masjid Muhammadiyah, pernah ngaji di ponpes salafi (ini salafi muhammad bin abdul wahab ya) tapi gak begitu lama karena cukup stress karena waktu itu saya jadi sibuk melihat amalan orang lain itu bidah apa tidak hehe, bahkan sempat aktif lama ikut jamaah Tablig waktu di Temanggung, pengajian MTA pun pernah saya datangi. Intinya sih dalam persoalan agama kita harus banyak2 belajar dari banyak orang biar mata kita terbuka dan tidak seperti katak dalam tempurung.

Al hasil nanti kita tidak akan cepat mudah menyalahkan orang yg berbeda dengan kita. Mungkin itu saja deh…

Salam dari Pinggir Kali Brisbane

Rischan Mafrur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.